Aprilia RSV4 2021 Diluncurkan, Desain Mirip Motor Balap MotoGP

1

Setelah lama dinantikan, akhirnya Aprilia RSV4 2021 secara resmi diluncurkan. Motor superbike ini kini hadir dengan desain yang lebih baru.

Dibekali dengan mesin yang powerful, Aprilia RSV4 2021 juga hadir dengan desain baru yang sangat aerodinamis. Bahkan menurut keterangan yang diberikan, Superbike ini diklaim punya efisiensi aerodinamis 11% lebih baik dari versi lamanya.

Aprilia RSV4 2021
Desain winglet mirip MotoGP membuat aerodinamis motor ini semakin baik

Aerodinamis ini didapatkan berkat penyematan winglet terbaru, yang nampak mirip dengan yang digunakan oleh pabrikan ini pada motor balap MotoGP.

Sementara pada bagian pencahayaan, sayangnya Aprilia RSV4 terbaru ini masih menggunakan lampu model lamanya. Hanya saja kini semua lampu pada motor terbaru ini sudah menggunakan model LED dan dilengkapi dengan Day Running Light (DRL).

Desainer Aprilia mendesain motor ini dengan mengadopsi sisi aerodinamis yang dihadirkan pada motor Aprilia yang ada di MotoGP.

Dengan begitu, RSV4 2021 ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik harian maupun di trek balap.

Sebagai moda transportasi perkotaan, motor bergaya sport ini juga dilengkapi beberapa komponen kelayakan seperti spion, step belakang.

Pada sektor jantung mekanisnya, superbike ini dibekali dengan mesin V4 berkapasitas 1.099 cc yang sudah berstandar emisi gas buang Euro5.

Di atas kertas, motor ini bisa memuntahkan tenaga sebesar 217 daya kuda pada putaran mesin 13.000 rpm dan torsi puncaknya mencapai 125 Nm di putaran 10.500 rpm. Menurut keterangan yang ditulis, mesin ini bahkan mampu menghasilkan kecepatan maksimal hingga tembus 305 km/jam.

RSV4 terbaru ini juga dibekali oleh Aprilia dengan sejumlah fitur dan teknologi yang serba canggih. Pada bagian suspensi, hadir shockbreaker model semi aktif tipe Smart EC 2.0 dari Ohlins.

Aprilia RSV4 2021
Aprilia juga menghadirkan fitur APRC yang biasa diigunakan pada motor balap Aprilia

Pabrikan sepeda motor asal Italia ini juga menghadirkan fitur Aprilia Performance Ride Control (APRC) yang kini digunakan pada beberapa motor balap Aprilia.

Baca Juga :  MV Agusta Brutale 800 RR 2021 Diluncurkan, Tampilan Makin Gahar

Fitur APRC ini terdiri atas Traction Control, Aprilia Engine Map, Aprilia Engine Brake, Aprilia Wheelie Control, Aprilia Quick Shift, Aprilia Pit Limiter, Aprilia Cruise Control, dan Aprilia Engine Map.

Tidak cuma itu, pada sistem pengereman, motor ini juga sudah mengusung multi map Anti lock Brakings System garapan dari Bosch.

Aprilia RSV4 2021 ini hadir dalam dua versi, yakni versi standar dengan warna Dark Losail dan versi Factory dengan warna Aprlia Black/Lava Red. Sangat disayangkan, pihak Aprilia belum mencantumkan informasi mengenai harga resmi dari superbike ini.

1 Comment
  1. […] Benelli 302R dibekali dengan suspensi depan dengan model up side down (USD). Sementara suspensi bagian belakang dibekali dengan shock breaker yang bisa diatur penopang bebannya sesuai dengan keinginan penggunanya. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.