Site icon jurnalbikers-com

Fungsi Stabilizer Setang Motor Sangat Penting!

Fungsi Stabilizer Setang

Benda yang ada di ujung setang motor ini, bernama stabilizer. Sering tidak diperhatikan, fungsi stabilizer cukup penting bagi sepeda motor.

Tidak sedikit dari pemilik sepeda motor yang kurang paham akan fungsi stabilizer yang posisinya ada di ujung setang. Seringkali juga, penyeimbang ini dianggap hanya sebagai hiasan saja.

Berikut adalah fungsi dari komponen yang sangat penting untuk sepeda motor ini:

Peredam Getaran

Komponen yang sering disebut dengan nama jalu setang motor ini, umumnya dalam kondisi standar terbuat dari bahan material yang kuat agar nantinya mampu untuk menahan benturan.

Didesain dengan bentuk memanjang yang terpasang di bagian ujung – ujung handgrip sepeda motor, fungsi utama dari handlebar balancer ini adalah sebagai penyeimbang / balancer agar setir motor stabil dan tidak mudah goyang saat sepeda motor digunakan untuk berkendara.

Getaran yang dihasilkan oleh mesin semakin besar yang nantinya akan merambat ke seluruh chassis motor, melalui garpu depan dan selanjutnya akan merambat ke bagian stang motor. Dengan adanya bar end atau jalu stang ini, getaran tadi bisa diredam dengan baik.

Meminimalisir Risiko Kerusakan Motor Saat Terjatuh

Selain sebagai peredam getaran dibagian kemudi atau setang motor, komponen stabilizer setang ini juga berfungsi sebagai pelindung saat motor terjatuh.

Stabilizer setang berfungsi sebagai pengaman bukaan gas ketika motor terjatuh. Ketika sepeda motor terjatuh ke arah kanan, secara otomatis jalu stang inilah yang pertama kali menyentuh permukaan aspal. Dengan demikian handgrip throttle gas pada setang motor tidak akan tersangkut dan akan langsung menutup.

Selain itu dengan adanya bandul stang motor ini, ketika motor mengalami kecelakaan dan terjatuh kearah samping, jalu stang dapat menahan body motor dan meminimalisir rusaknya bagian body samping motor maupun tangki. Setidaknya meminimalisir kerusakan meskipun kenyataannya nanti body tetap mengalami lecet.

Nah itu tadi fungsi-fungsi komponen stabilizer yang ada di bagian ujung setang motor. Untuk informasi mengenai dunia otomotif roda dua lainnya terus kunjungi www.jurnalbikers.com.

Exit mobile version