jurnalbikers-com

Toyo Motors, Sepeda Motor yang Pernah Dijual Oleh Toyota di Tahun 1960-an

Banyak yang tidak mengetahui, pabrikan mobil asala Jepang, Toyota, ternyata pernah menjual sepeda motor dengan nama Toyo Motors

Kita pastinya lebih mengenal Suzuki, Yamaha, Honda dan  Kawasaki. Sejarah otomotif mencatatkan, setelah perang dunia II hingga era tahun 1960 perusahaan produsen mobil Toyota pernah menjual sepeda motor.

Toyo Motors

Dikutip dari Young Machine, Kazuo Kawamata mempelajari mesin pembakaran internal sejak usia dua puluhan. Dirinya juga terlibat dalam pengembangan mobil dengan penggerak roda depan pertama di Jepang.

Dari sanalah terjadi pertukaran dengan Kiichiro Toyota yang merupakan pendiri dari Toyyota pada tahun 1942. Saat itu Kazuo Kawamata bekerja sebagai karyawan papruh waktu di Laboratorium Riset Toyota.

Setelah perang, ia memproduksi mesin bantu untuk sepeda “Bismotor” bersama Mizuho Motor Co., Ltd. (pabrikan sepeda motor di Nagoya yang membuat cabton, yang merupakan asal mula dari kata “cabton muffler”).

Setelah itu ditingkatkan dengan dukungan finansial dan peralatan dari Nissin Tsusho (sekarang Toyota Tsusho) dan Kariya Koki (dulu Toyota Koki, sekarang JTEKT), dan pada tahun 1949, memiliki mesin bantu sepeda sendiri.  Menyelesaikan “Toyo Motor” dan meluncurkan Toyo Motors di tahun yang sama.

Exit mobile version