Perbedaan Aplikasi Y-Connect dengan Noodoe, Bagusan Mana?

0

Sobat Bikers pasti kenal dengan aplikasi Y-Connect dan Noodoe. Berikut perbedaan aplikasi Y-Connect dengan Noodoe, bagusan mana ya?

Meski sama-sama canggih, faktanya ada perbedaan aplikasi Y-Connect dengan Noodoe ini. Dua aplikasi canggih ini bisa menghubungkan motor dengan smartphone.

Apa itu Y-Connect yang ada di Yamaha?

Perbedaan Aplikasi Y-Connect dengan Noodoe
Tampilan speedometer Yamaha NMax dengan Y-Connect

Aplikasi Y-Connect pertama kali diperkenalkan oleh Yamaha Indonesia, lewat varian motor skuter matik All New Yamaha NMax Connected. Setelah itu, varian lainnya mengikutinya yaitu All New Yamaha Aerox 155 Connected.

Fitur Y-Connect dari Yamaha ini di control oleh Communication Control Unit (CCU). Fitur ini memungkinkan pengguna Yamaha Nmax, memantau kondisi motor melalui aplikasi Yamaha Y-Connect via koneksi Bluetooth di smartphone penggunanya.

Y-Connect diklaim oleh Yamaha Indonesia, sebagai fitur canggih pertama yang dibenamkan pada skuter matik kelas 150 cc. Sebagaimana diketahui, Honda PCX dan Honda ADV150 belum menerapkan fitur seperti yang digunakan Yamaha itu.

Melalui fitur ini, pengguna motor bisa mendapatkan berbagai informasi seperti:

Parking Location

Aplikasi Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor unpair/disconnected dengan smartphone)

Phone & Message Notification

Memberikan notifikasi di layar speedometer ketika ada panggilan atau pesan singkat atau email masuk ke smartphone. Notifikasi akan muncul berupa lambang telepon dan amplop ketika ada telepon dan pesan yang masuk.

Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery)

Notifikasi ini akan membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance.

Fuel Consumption

Membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara.

Malfunction Notification

Memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.

Noodoe itu aplikasi apa?

Perbedaan Aplikasi Y-Connect dengan Noodoe
Tampilan speedometer Kymco Like 150i dengan Noodoe

Yamaha boleh mengklaim aplikasi Y-Connect sebagai fitur canggih yang disematkan pada motor 150 cc buatan Indonesia. Namun, jauh sebelumnya ada aplikasi canggih lainnya yang hadir di skuter matik 150 cc dari Kymco, yakni Kymco Like 150i yang masuk ke Indonesia secara CKD.

Baca Juga :  Bos PO Sumber Alam Berbagi Cerita Keliling Sumatera Pakai Honda Scoopy

Berbeda dengan aplikasi Y-Connect yang ada di Yamaha, aplikasi Noodoe hadir lebih canggih dan lebih komplit menyajikan beragam informasi penting kepada pengguna motor Kymco Like 150i.

Apa saja fitur yang terdapat pada aplikasi Noode ini? Berikut adalah fitur-fiturnya:

Navigasi GPS

Noodoe memiliki kemampuan untuk melakukan navigasi yang dapat di atur melalui ponsel.

Pengguna aplikasi ini bisa memasukkan tujuan yang diinginkan hanya dengan mengetik lokasi tujuan di aplikasi nuduh atau dengan menggeser titik destinasi langsung dari fitur maps di layar speedometer Kymco Like 150i.

Antarmuka tampilan Navigasinya juga bersih, dan sangat mudah dipahami. Tidak terlalu banyak jalan yang tampil di layar speedometernya. Hanya jalan yang akan di lalui saja yang tampil.

Notifikasi Telepon dan Pesan

Sama halnya dengan aplikasi Y-Connect yang bisa memberikan informasi berupa notifikasi kepada pengguna sepeda motor ketika ada telepon atau pesan yang masuk, Noodoe juga memiliki fitur yang sama.

Bedanya aplikasi Noodoe dari Kymco ini jauh lebih canggih. Pasalnya, jika pada Y-Connect hanya menampilkan notifikasi berupa sinyal lampu LED dan lambang bergambar telepon dan pesan, pada Noodoe notifikasi yang tampil lebih keren.

Ketika ada telepon atau pesan masuk, aplikasi Noodoe akan menampilkan notifikasi pada layar speedometer yang berupa layar TFT full color itu.

Ketika telepon masuk, foto penelpon juga bisa tampil pada layar, juga pesan yang masuk pun bisa langsung dibaca pada layar speedometer itu.

Kymco Noodoe, memungkinkan pengguna dapat membaca langsung notifikasi WhatsApp, Facebook, SMS, Twitter dan notif lainya langsung dari layar speedometer.

Cari Lokasi Parkir

Seperti pada Y-Connect, Kymco Noodoe juga memungkinkan penggunanya untuk mencari lokasi parkir motor.

Baca Juga :  Tips Sepeda Motor Menghadapi Banjir Ala Yamaha

Custom Tampilan Layar

Kymco noodoe memungkinkan penggunanya untuk meng-custom tampilan layar Noodoe. Tampilan yang bisa dicustom antara lain : Jam, Informasi Cuaca, Kompas (POI) dan speedmeter.

Kompas POI (Point of Interest)

Pada fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari fasilitas publik terdekat. Seperti, Masjid terdekat, Mini market atau Super market, Parkir, kantor pemerintahan, kantor polisi, rumah sakit dan yang tidak kalah penting Dealer atau Bengkel Kymco terdekat. Dan masih banyak fasilitas publik yang bisa di cari dari app Noodoe.

Group Radar

Fitur satu ini pastinya sangat digemari oleh bikers penyuka touring. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk saling memantau grup riding.

Fitur ini akan memperlihatkan posisi peserta grup yang didaftarkan sebelumnya.

Galeri Foto

Fitur ini sangat menarik, sebab Sobat Bikers bisa memajang foto diri sebagai wallpaper pada speedometer Kymco Like 150i

Sosial Media

Untuk Sobat Bikers yang senang narsis, bisa pamerkan hasil kustomisasi layar Noodoe ke sesama pengguna Noodoe melalui aplikasi sosial media Noodoe itu sendiri.

Nah, bagaimana Sobat Bikers? Lebih canggih mana untuk kedua aplikasi penghubung motor dengan smartphone ini?

Leave a Reply