Persiapan Sebelum Touring, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

0

Touring memang menyenangkan, tapi jika tidak diawali dengan persiapan yang baik, maka bisa jadi perjalanan touring berantakan. Berikut kita bahas, langkah-langkah persiapan sebelum touring.

Dengan melakukan persiapan sebelum touring ini, diharapkan perjalan touring akan lancar dan minim dari gangguan yang bisa membuat perjalanan touring Sobat Bikers jadi tidak menyenangkan.

Apa saja yang haru dilakukan sebelum melakukan perjalanan touring? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Periksa kondisi motor

Sebelum melakukan perjalanan touring, sebaiknya periksa kondisi sepeda motor yang akan SObat Bikers gunakan.

Cek pada bagian-bagian vital seperti mesin, rem, ban, gas dan kopling, pastikan bagian-bagian it5u tidak bermasalah. Jika ditemukan ada masalah, segera lakukan perbaikan.

Jangan menggunakan sepeda motor yang kondisinya bermasalah, karena akan membahayakan dan merepotkan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

2. Perlengkapan berkendara

Sebelum melakukan perjalanan, siapkan dan pstikan Sobat Bikers membawa surat-surat yang dibutuhkan seperti SIM, STNK dan KTP.

Selain itu, pastikan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, penutup mulut (baf), sarung tangan, kaus kaki, sepatu, dan perlengkapan lainnya yang diperlukan saat berkendara jangan sampai terlupakan. Pastikan perlengkapan berkendara lengkap supaya nyaman dan aman.

3. Pastikan kondisi badan sehat

Satul yang penting diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh dengan sepeda motor adalah kondisi kesehatan.
Pastikan Sobat Bikers dalam kondisi sehat sebelum melakukan perjalanan touring. Jangan melakukan perjalanan jika kondisi badan tidak stabil karena menjadikan perjalanan tidak menyenangkan dan menjadi risiko untuk diri sendiri.

4. Siapkan barang-barang kebutuhan pribadi

Sebelum melakukan perjalanan, Sobat Bikers juga perlu mempersiapkan beberapa barang kebutuhan pribadi seperti membawa P3K sebagai pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan kecil di perjalanan.

Baca Juga :  7 Cara Menghindari Area Blind Spot Kendaraan Besar Saat Touring

Perlengkapan pribadi lainnya seperti alat mandi, pakaian dalam dan alat ibadah bisa Sobat Bikers siapkan dan masukkan dalam tas khusus atau box motor.

Jangan membawa barang yang berlebihan, sesuaikan barang bawaan dengan lamanya perjalanan. Membawa barang bawaan yang berlebihan bisa mengganggu kenyamanan berkendara selama perjalanan.

5. Perhatikan jarak tempuh.

Sobat Bikers juga harus memperhatikan jarak tempuh dan rute jalan yang akan dilalui. Estimasikan waktu perjalanan dan waktu beristirahat sebelum memulai perjalanan.

Usahakan lakukan istirahat setiap dua jam sekali dalam perjalanan. Hindarai mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa membuat mengantuk atau mengganggu pencernaan.

Jika berasa lelah, segera berhenti pada tempat yang aman dan nyaman untuk beristirahat sejenak. Jangan paksakan terus berkendara jika kondisi tubuh sudah berasa lelah.

Demikian 5 hal yang harus Sobat Bikers persiapkan sebelum melakukan perjalanan touring. Jangan segan-segan untuk menambahkannya jika ada hal lain yang ingin Sobat Bikers tambahkan pada kolom komentar di bawah. Untuk informasi mengenai dunia otomotif roda dua lainnya, kuncjungi terus www.jurnalbikers.com.

Leave A Reply

Your email address will not be published.