Rem Cakram Bunyi, Bisa Jadi ini Penyebabnya

1

Saat sedang asyik riding, tetiba rem cakram motor yang sedang dikendarai keluar bunyi aneh. Ada beberapa penyebab rem cakram bunyi yang perlu Sobat JB ketahui.

Ada beberapa penyebab rem berbunyi, Sobat JB juga bisa melakukan pengecekan penyebab rem cakram bunyi tanpa harus ke bengkel.

Berikut jurnalbikers.com ulas penyebab rem berbunyi kala Sobat JB menarik tuas rem :

Kampas rem kotor

Kampas rem merupakan salah satu komponen yang terletak pada piringan rumah rem. Fungsinya, sebagai penahan putaran roda sehingga dapat mengurangi kecepatan dan menghentikan laju kendaraan.

Baiknya, lakukan pengecekan dan pembersihan bagian kampas rem secara berkala. Sobat JB bisa membersihkannya dengan air bersih.

Piringan cakran tidak rata

Jika piringan cakram rem tidak rata, makan rem akan mengeluarkan bunyi gesekan yang cukup mengganggu.

Sebaiknya, segera lakukan penggantian cakran jika bagian ini sudah tidak rata. Cakran yang tidak rata selain akan mengeluarkan bunyi, juga akan mengurangi performa pengereman kendaraan.

Kampas rem habis

Saat kampas rem habis, plat pada kampas rem akan bergesekan langsung dengan pringan cakram. Hal ini tentunya akan menyebabkan rem berbunyi.

Lakukan pemeriksaan secara berkala, segera ganti baru kampas rem jika telah habis.

Hidrolik pengereman bermasalah

Disini ada beberapa penyebab hidrolik pengereman bermasalah, seperti, minyak rem habis, selang rem masuk angin atau bisa juga karena selang rem terjepit.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya lakukan pengecekan pada bagian-bagian rem cakram tersebut secara berkala. Mulai dari bagian master rem, selang hingga kaliper rem cakram.

Nah itu tadi 4 penyebab rem cakram berbunyi, semoga informasi ini bermanfaat untuk Sobat JB.

 

1 Comment
  1. […] Baca juga : Rem Cakram Bunyi, Bisa Jadi Ini Penyebabnya […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.