11 Tips Jual Motor Bekas Biar Cepat Laku

1

Apabila Sobat Bikers ingin menjual sepeda motor ada beberapa hal yang harus Sobat perhatikan, agar motor yang dijual cepat laku. Berikut tips jual motor bekas yang bisa jadi acuan kalian.

Jual motor bekas merupakan hal yang bisa dikatakan susah-susah gampang. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak terjadi salah paham antara kamu sebagai penjual dan pembeli motor bekas.

Berikut adalah yang harus Sobat Bikers perhatikan sebelum menjual motor bekas:

1. Waktu Jual Motor Bekas Harus Tepat

Pastikan Sobat Bikers menjual sepeda motor bekas pakai pada waktu yang tepat. Misalnya pada tanggal muda atau di awal bulan, biasanya pada waktu itu jadi timing yang tepat untuk jual ataupun beli motor.

Bisa juga ketika motor yang sama dengan milik Sobat Bikers sedang banyak dicari di pasaran motor bekas, ini merupakan waktu yang tepat untuk menjual motor kamu.

2. Lengkapi Surat Kendaraan

Ketika bermaksud menjual kendaraan bekas, Sobat Bikers harus memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) pastikan semuanya telah siap dan lengkap.

Jika memungkinkan bayarkan atau lunasi pajak yang tertunda. Pastikan dokumen kendaraan tersebut dalam keadaan aktif.

3. Pastikan Harga Jual Motor Bekas

Sobat Bikers harus memastikan harga yang pas untuk sepeda motor yang akan dijual. Jangan memberikan harga yang jauh melampaui harga pasaran atau bahkan jauh di bawah harga pasaran.

Pastika harga yang Sobat Bikers tawarkan merupakan harga yang pas untuk pasaran jenis motor yang kamu jual.

4. Bersihkan Motor

Sebelum Sobat Bikers menawarkan motor untuk dijual, ada baiknya bersihkan motor terlebih dahulu.

Baca Juga :  Catat! Besok Yamaha All New R7 Diluncurkan

Jangan sampai, Sobat Bikers menawarkan motor kepada calon pembeli dalam keadaan motor kotor. Menawarkan motor dalam keadaan kotor, akan mempengaruhi pandangan atau pemikiran pembeli. Bisa saja Sobat Bikers dianggap orang yang tidak merawat motor yang akan dijual.

5. Jujur Dalam Menjual Motor

Ada baiknya Sobat Bikers jujur ketika ingin menjual sepeda motor bekas. Sampaikan kepada calon pembeli apa saja kelebihan maupun kekurangan dari sepeda motor yang akan dijual.

Apabila ada kekurangan yang tidak disampaikan akan menimbulkan kekecewaan kepada pembeli dan bisa menimbulkan keluhan dari sang pembeli setelah melakukan transaksi pembelian.

6. Ganti Sparepart yang Rusak

Sebelum menawarkan sepeda motor bekas milik Sobat Bikers, ada baiknya kamu mengganti komponen atau sparepart yang sudah rusak.

Agar, ketika calon pembeli memeriksa atau mengecek sepeda motor yang akan dibelinya merasa yakin bahwa motor tersebut dalam kondisi yang baik.

7. Jual Motor Bekas dalam Kondisi Standar

Calon pembeli sepeda motor umumnya menyukai motor yang masih dalam kondisi standar. Apabila sepeda motor yang Sobat Bikers jual sudah mengalami modifikasi, baiknya kembalikan ke kondisi standarnya.

Atau, bisa juga siapkan komponen atau bagian-bagian standar motor yang telah dimodifikasi.

8. Foto yang Menarik

Apabila Sobat Bikers ingin menjual sepeda motor melalui jejaring sosial media atau toko online, pastikan kamu sudah mengambil gambar atau foto motor dengan posisi yang terbaik.

Foto yang menarik dan jelas akan membuat orang tertarik untuk menawar motor yang ditawarkan melalui jejaring internet.

9. Lokasi Transaksi

Sobat Bikers bisa memilih lokasi transaksi bisa di rumah kamu sendiri atau di rumah pembeli. Penentuan lokasi punya pengaruh penting dalam hal kepercayaan, baik dari sisi penjual maupun pembeli.

Baca Juga :  3.200 Pemudik dengan Sepeda Motor Dipaksa Putar Balik di Cirebon

10. Siapkan Bukti Transaksi

Ketika sudah terjadi kesepakatan untuk transaksi jual-beli kendaraan bekas, pastikan Sobat Bikers bisa juga siapkan bukti transaksi.

Bukti transaksi yang dimaksud bisa berupa kwitansi yang memuat jumlah nominal harga motor bekas yang dijual dan juga tanda tangan pembelinya.

11. Berfoto dengan Pembeli

Setelah transaksi jual-beli dilakukan, selain dengan bukti transaksi Sobat Bikers juga bisa berfoto bersama dengan pembeli.

Hal ini juga bisa sebagai bukti transaksi, dan juga sebagai dokumentasi terakhir Sobat Bikers bersama motor kesayangan.

Nah itu tadi tips jual motor bekas untuk Sobat Bikers. Ikuti terus www.jurnalbikers.com untuk informasi dunia otomotif roda dua lainnya.

1 Comment
  1. syafrida says

    trimaksih info nya bang

Leave A Reply

Your email address will not be published.