Sejarah Honda BeAT di Indonesia, Sudah 5 Generasi

0

Sebagai salah satu sepeda motor skuter matik buatan Honda yang paling laris di pasaran, sejarah perjalanan Honda BeAT di Indonesia cukup menarik untuk kita simak.

Sejarah Honda BeAT di Indonesia yang bermula pada tahun 2008 silam, skuter matik ini mampu merubah market penjualan sepeda motor Honda di Indonesia. Siapapun pasti kenal dengan skuter matik sejuta umat ini.

Generasi Pertama Honda BeAT lahir di Tahun 2008

Sejarah Honda BeAT
Honda BeAT generasi pertama lahir pada 2008, masih pakai karburator

Pada tahun 2008, Honda BeAT pertama kali diluncurkan sebagai penantang dari Yamaha Mio yang saat itu juga cukup laris di pasaran.

Saat pertama kali hadir di Indonesia, Honda BeAT dibekali dengan mesin berkapasitas 108 cc, SOHC 2-katup dengan sistem pengabutan bahan bakar karburator.

Di atas kertas, torsi puncak skuter matik Honda ini mencapai 8,32 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal yang disemburkan 8,22 PS pada 8.000 rpm. Honda juga membekali skutik ini dengan tangki bahan bakar berkapasitas 3,5 liter.

Suara starter yang cukup berisik jadi salah satu ciri khas Honda BeAT saat pertama kali hadir. Hal ini pun banyak dikeluhkan oleh para penggunanya saat itu.

Namun, karena masih menggunakan karburator mesin motor ini masih terbilang mudah untuk dilakukan modifikasi. Hal itulah yang menyebabkan pada saat ini, Honda BeAT generasi pertama ini banyak dicari oleh para pecinta motor Honda di pasaran motor bekas.

Melihat dari sisi desainnya, Honda BeAT mempunyai kesan yang sporty dengan beberapa lekukan tajam pada bagian bodinya. Motor ini sukses menggebrak pasaran, lantaran bisa digunakan oleh semua kalangan baik laki-laki maupun perempuan.

Dua tahun berselang setelah generasi pertama hadir, Honda melakukan penyegaran pada sisi penampilan Honda BeAT. Honda mendesain striping baru dengan warna dan corak yang berbeda.

Baca Juga :  Etran Myra, Skuter Listrik Kurir Makanan Bisa Pakai Kulkas

Selain itu, perubahan lain nampak pada bagian sepatbor depan. Saat pertama kali hadir Honda BeAT keluaran pertama pakai sepatbor pendek dan letaknya agak menempel ke ban. Maka Beat facelift 2010 hadir dengan menggunakan sepatbor depan yang posisinya mendekat ke tameng dan lebih panjang.

Honda juga menghadirkan pilihan velg jari-jari pada skuter matik ini. Saat itu, sepeda motor Honda paling laris ini dijual dengan harga Rp 12 jutaan untuk varian velg jari-jari dan untuk pilihan varian velg racing konsumen tinggal menambahnya sebesar Rp 500 ribu.

2012 Generasi Kedua Honda BeAT Dihadirkan

Sejarah Honda BeAT
Honda BeAT generasi kedua lahhir pada 2012 dan sudah fuel injection

Sukses melalui Honda BeAT genarasi pertama, Honda kembali menghadirkan pembaruan pada skutik terlarisnya. Kali ini Honda BeAT sudah menggunakan sistem pengabutan bahan bakar injeksi.

Honda menyematkan fuel injection dengan nama PGM-FI. Dengan sistem pengabutan ini, Honda mengklaim skuter matik ini mempunyai konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Selain itu, Honda BeAT generasi kedua ini hadir dengan bagasi yang ada di bawah jok lebih luas yakni 11,2 liter. Walhasil, pada generasi kedua Honda BeAT ini jadi terlihat lebih kembung bodinya.

Selain itu, padak fitur pengereman untuk pertama kalinya Honda BeAT dibekali dengan Combi Brake System (CBS) yang dapat memaksimalkan pengereman pada skuter matik mungil ini.

Generasi Ketiga, Sejarah Honda BeAT hadir dengan Pilihan Model

Sejarah Honda BeAT
Honda BeAT generasi ketiga lahir pada 2014

Pada tahun 2014, Honda kembali melakukan penyegaran pada sepeda motor terlaris ini. Bisa dikatakan Honda telah melakukan perubahan total pada skuter matik ini.

Pada sektor mesin, Honda telah membekali Honda BeAT dengan mesin eSP. Mesin dini diklaim lebih mini getaran dan lebih irit konsumsi bahan bakar. Honda juga membekali BeAT dengan sejumlah fitur berteknologi modern sepert ACG yang telah membuat starter motor ini saat diyalakan lebih halus suauranya.

Baca Juga :  Keren! Honda NC750X Akan Diluncurkan Bulan Depan

Honda juga menawarkan BeAT dalam tiga varian berbeda yakni CW, CBS dan CBS ISS. Varian CW hadir dengan velg racing yang lebih terliihat sporty.

Varian CBS hadir dengan sistem pengereman Combi Brake System yang menawarkan sistem pengereman lebih maksimal dan CBS ISS merupakan kelas teratas dengan kombinasi pengereman CBS dan Idle Stop System (ISS). Fitur ISS ini akan membuat mesin motor mati saat motor berhenti selama 3 detik lalu akan menyala kembali saat selongsong gas dipuntir.

Pada generasi ketiga ini, Honda BeAT juga hadir dengan pilihhan model lain yakni Honda BeAT Pop. Pada model ini, Honda BeAT tampil lebih segar dan atraktif dengan menyasar pada market anak muda.

Generasi Keempat Honda BeAT

Sejarah Honda BeAT
Tahun 2016 Honda BeAT generasi keempat dihadirkan

Pada tahun 2016, Honda BeAT generasi keempat lahir. Kehadiran Honda BeAT generasi ini sekaligus menandai pencapaian terjualnya Beat hingga 10 juta unit sejak 2008.

Beberapa pembaruan seperti bagasi yang lebih besar dan panel innstrumen yang memadukan model digital dengan analog dihadirkan oleh Honda pada Honda BeAT terbaru ini.

Selain itu, tangki bahan bakar motor matik ini juga dibuat lebih besar. Dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 4 liter, Honda BeAT yang merupakan motor irit bahan bakar ini bisa melaju dengan jarak tempuh lebih jauh.

Pada generasi keempat ini, Honda juga menghadirkan model lain selain BeAT Pop yang sebelumnya sudah ada. Generasi inilah jadi tonggak sejarah Honda BeAT Street lahir.

Honda BeAT Street tampil berbeda dengan model BeAT lainnya. Pada model ini, BeAT hadir dengan model stang telanjang. BeAT Street hadir lebih berani dan kekinian. Pada model ini, Honda juga menyasarkan pasarnya pada kalangan muda.

Baca Juga :  Superhero Marvel Avengers Hadir di TVS NTorq 125

Generasi Kelima Lahir Pada Tahun 2020

Sejarah Honda BeAT
Tahun 2020 generasi kelima Honda BeAT lahir dengan rangka eSAF

Pada awal tahun 2020, Honda BeAT kembali hadir dengan berbagai pembaruan. Salah satu yang terbaru dari motor matik Honda ini adalah penggunaan rangka Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF).

Rangka ini dikatakan terbilang ringan 4 Kg dari rangka Honda BeAT sebelumnya. Skuter matik ini pun jadi lebih mudah dan lebih ringan untuk dikendalikan.

Pada sektor mesin Honda juga melakukan perubahan, di mana saat ini Honda BeAT hadir dengan mesin 109,5 cc yang sanggup memuntahkan tenaga maksimal mencapai 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Pada bagian fitur, Honda Beat 2020 dibekali dengan lampu depan model LED dan power charger. Fungsi lampu LED untuk meningkatkan visibilitas berkendara dengan daya listrik rendah. Sementara power charger bisa dimanfaatkan mengisi daya smartphone ketika berkendara.

Honda BeAT terbaru 2020 ini hadir juga dengan model Honda BeAT Street. Semenatara Honda BeAT Pop dinyatakan telah dihentikan produksinya.

Nah itu tadi, sejarah Honda BeAT di Indonesia. Untuk informasi mengenai dunia otomotif roda dua lainnya terus kunjungi www.jurnalbikers.com.

Leave A Reply

Your email address will not be published.