Sejarah Yamaha NMax di Indonesia, Komunitasnya Banyak

0

Yamaha NMax merupakan salah satu skuter matik paling laris di pasaran. Seperti apa sejarah Yamaha NMax di Indonesia? Berikut ulasannya.

Sejarah Yamaha NMax dimulai pada tahun 2015 yang lalu. Kehadirannya saat itu bisa dikatakan sangat fenomenal. NMax berhasil membuat perubahan pada peta pasar otomotif roda dua di Indonesia.

Sebelum kehadiran Yamaha NMax, skuter matik dengan bodi bongsor tidak terlalu dilirik oleh konsumen. Harga yang mahal jadi alasannya.

Dengan desain yang bergaya skuter matik Eropa, NMax hadir dengan harga yang sangat terjangkau. Walhasil, NMax menjadi motor paling laris dari Yamaha.

Komunitas pengguna Yamaha NMax pun bertebaran di seantero Tanah Air. Komunitas motor Yamaha NMax bisa dikatakan juga sebagai perubah peradaban Bikers di Indonesia.

Lahir Pada Tahun 2015 di Sirkuit Sentul

Sejarah Yamaha NMax

Sejarah Yamaha NMax bermula pada tanggal 15 Februari 2015. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Yamaha NMax untuk pertama kalinya di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

NMax sejatinya bukan motor matik Maxi pertama di Indonesia. Sebelum kehadiran Yamaha NMax, sudah ada Honda PCX 150 yang lebih dulu ada di tanah air dengan bodinya yang juga bongsor.

Meski hadir sedikit lebih terlambat, namun Yamaha NMax menawarkan sesuatu yang berbeda mulai dari harga yang terjangkau hingga performa mesin yang mumpuni.

NMax ketika pertama kali diluncurkan dijual dengan harga Rp 27,4 juta (OTR DKI Jakarta). Harga ini, jauh lebih murah dibandingkan dengan Honda PCX sebagai kompetitornya yang saat itu dipasarkan dengan harga Rp 40 jutaan. Meski lebih murah dari sisi fitur NMax tidak kalah dibandingkan dengan PCX.

Salah 1 fitur yang hadir pada bagian mesin adalah teknologi katup variabel (VVA). Fitur ini, mampu menyemburkan torsi dan tenaga yang jauh lebih hebat pada setiap rentang putaran mesin.

Baca Juga :  Kawasaki Ninja ZX-4R Bikin Heboh Jagad Maya

Secara desain motor matic Maxi ini punya aura sporty yang lebih kental. Aura itu dapat dilihat lewat spesifikasi ban dengan ukuran lebar di depan 110/70-13 dan 130/70-13.

Untuk fitur keselamatan hadir juga sistem pengereman anti lock braking system (ABS). Fitur ini membuat pengereman lebih maksimal.

Beberapa bulan berjalan setelah kelahirannya, untuk melengkapi Yamaha NMax ABS akhirnya pada 22 Juni 2015 YIMM menghadirkan Yamaha NMax non ABS dengan harga yang jauh lebih murah saat itu dijual dengan harga Rp 23,5 jutaan (OTR DKI Jakarta).

Kehadiran Yamaha NMax di pasaran tanah air juga mendapat apresiasi dari banyak pihak salah satunya hadir dari Forum Wartawan Otomotif (FORWOT). Yamaha NMax diganjar dengan penghargaan Motorcycle of the Year 2015 oleh FORWOT.

Tahun 2017 Yamaha NMax Facelift Hadir

Sejarah Yamaha NMax

Berselang 2 tahun setelah kehadirannya, Yamaha NMax model facelift hadir. Kehadiran Yamaha NMax Facelift ini jadi jawaban YIMM kepada konsumen yang mengeluhkan suspensi NMax terlalu keras.

Yang membedakan dengan NMax model pertama adalah suspensi bagian belakang. Dimana, suspensi belakang pada NMax generasi kedua ini menggunakan model tabung.

Model suspensi tabung yang dihadirkan pada NMax tersebut, diklaim mampu menghadirkan peredaman yang lebih berkualitas saat melewati berbagai kondisi jalan.

NMax model facelift ini juga punya perbedaan pada sisi panel instrumen. Di mana, tampilannya jadi lebih unik dengan model inverted layar dibuat jadi biru gelap sementara indikatornya berwarna putih.

Selain itu perbedaan lainnya ada di bagian desain, di mana NMax hadir dengan beberapa pilihan warna bodi dan juga warna velg hadir dengan warna emas yang membuat tampilannya jadi semakin elegan.

Yamaha NMax Generasi Kedua Lahir Pada Tahun 2019

Sejarah Yamaha NMax

Tepat pada tanggal 3 Desember 2019, YIMM meluncurkan generasi ke-2 dari Yamaha NMax. Skuter Maxi ini mendapatkan revisi penuh dibandingkan versi sebelumnya,mulai dari sisi mesin, fitur sampai dengan tampilan banyak diberikan perubahan.

Baca Juga :  Lady Bikers Malang Bersama 7 Wanita Tangguh, Peringati Hari Kartini dan Berbagi

NMax generasi kedua ini punya tampilan yang lebih berotot dengan lekuk tubuh yang yang lebih menonjol. Dari sisi desain lampu depan dan belakang dibuat lebih sipit sehingga menonjolkan kesan agresifnya.

Perbedaan lainnya hadir di sektor jantung mekanismenya. Meskipun masih mengusung mesin berkapasitas 155 cc dengan teknologi VVA, namun performa mesin sangat berbeda. NMax generasi kedua ini dibuat jauh lebih bertenaga sementara torsi sedikit dikurangi.

Revisi dihadirkan untuk memberikan rasa kenyamanan saat berkendara. Tidak hanya itu Yamaha juga memberikan berbagai fitur modern khusus di varian tertinggi, di mana Yamaha nmax pada bagian panel instrumen nya sudah bisa dikoneksikan dengan smartphone penggunanya melalui aplikasi Y-Connect.

Fitur keyless, Traction Control dan suspensi belakang dengan pengaturan tingkat kekerasan juga dihadirkan pada NMax generasi kedua ini.

Menilik pada sisi harga nmax generasi kedua ini pertama kali meluncur dijual mulai dari harga Rp 29,5 juta untuk varian standar dan Rp 33,75 juta untuk varian ABS/Connected.

Nah, itu tadi sejarah hadirnya Yamaha NMax di Indonesia. Untuk informasi mengenai dunia otomotif roda dua lainnya terus kunjungi www.jurnalbikers.com.

Leave a Reply