Suzuki Nex II Crossover, Nyaman Tapi Ada Kekurangan

0

Suzuki Nex II Crossover sempat mencuri perhatian di penghujung November 2020. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya melepaskan varian baru yang mengambil basis dari Suzuki Nex II.

Hadir dengan nuansa yang lebih berani, Nex II Crossover ini sudah dibekali dengan beberapa perubahan yang meliputi setang, speedometer digital, jok yang lebih empuk dan mengusung two tone color, serta shockbreaker belakang yang diberi warna baru.

Fitur yang juga baru dibenamkan pada Nex II Crossover ini adalah pengadopsian speedometer digital. Di mana, tingkat kecepatan, fuel meter, serta jam sudah disajikan dalam satu cluster modern tersebut.

Meski ubahan tersebut terbilang minim, namun impresi berkendara terhadap skuter matik berkapasitas mesin 115cc ini tetap mengasyikkan. Terlebih, mesin yang ini terbilang responsif ketika tuas gas dipuntir.

Berbekal mesin yang responsif, kenyamanan berkendara juga tercipta lewat bantingan suspensi belakang yang lebih rigid. Saat melintas di jalan yang tidak rata, kinerja shockbreaker menjadi tumpuan utama dan menghasilkan tingkat kenyamanan yang lebih mumpuni.

Suzuki Nex II Crossover
Test ride Suzuki Nex II Crossover

Meski demikian, ada beberapa catatan yang sekiranya bisa menjadi perhatian bagi PT Suzuki Indomobil Sales. Fitur seperti ruang penyimpanan yang terletak di bawah setang, dan di bawah jok tidak dapat mengakomodir dengan baik. Okelah, untuk menyimpan barang-barang kecil masih bisa ditolerir, namun untuk meletakkan barang yang memiliki dimensi panjang, rasanya tidak bisa diletakkan di dua ruang tersebut.

Hal lain yang menjadi sorotan adalah tidak adanya auto switch off engine ketika standar samping diturunkan. Padahal, jika melihat beberapa kompetitornya, ini menjadi sebuah fitur utama yang sudah dibenamkan. Suzuki pun menjabarkan perihal alasannya, yakni dengan harga yang dipatok Rp 17 jutaan, maka beberapa fitur harus dieliminasi.

Baca Juga :  Royal Enfield Continental GT650 Buat Ngaspal Harian?

Namun secara keseluruhan, Nex II Crossover ini masih layak untuk menjadi teman perjalanan dalam mobilitas harian. Konsumsi bahan bakar pun terbilang irit. Ini disebabkan dengan kapasitas mesin yang kecil, maka tingkat konsumsi bahan bakar pun tidak begitu boros.

Jika kalian mencari motor matik dengan tampilan berbeda dan memiliki harga yang masuk kantong, Suzuki Nex II Crossover bisa menjadi alternatif kalian, nih!

Leave A Reply

Your email address will not be published.