7 Vespa Langka yang Paling Banyak Dicari

0

Vespa merupakan salah satu skuter yang paling digemari, tak hanya di Indonesia saja tapi di seluruh dunia. Berikut Vespa langka yang paling banyak dicari.

Jajaran Vespa langka yang paling banyak dicari ini punya nilai sejarah tinggi. Bicara masalah harga, tidak ada patokan harga khusus. Bisa dikatakan harga Vespa langka ini Ghoib Sob!

MP5 Paperino – 1943, Vespa langka yang paling banyak dicari

Vespa langka yang paling banyak dicari

MP5 Paperino merupakan cikal bakal dari hadirnya skuter Vespa yang dihadirkan pada tahun 1943.

Kala itu, Enrico Piaggio putra pendiri Piaggio, Rinaldo Piaggio, pun memutuskan untuk meninggalkan bisnis aeronautika. Instingnya ialah menjawab kebutuhan mendesak Italia terhadap moda transportasi modern yang terjangkau.

Enrico kemudian memberikan mandat kepada dua insinyur yaitu Renzo Spolti dan Vittorio Casini pada 1943, untuk merancang motor dengan bodi yang dapat menutupi mesin dan penggerak serta bagian kaki supaya terhindar cipratan lumpur dan sebagainya.

Alasannya, Enrico Piaggio tidak suka naik motor yang bagian kakinya terekspos. Sebab hal itu membuat baju dan celana mudah kotor dan lusuh. Selain itu dengan adanya tameng, sekaligus melindungi kaki dan badan pengendara.

Piaggio MP5 dalam penyebutannya memiliki arti “Moto Piaggio 5” sedangkan nama Paperino merupakan sebutan Italia untuk Donald Duck alias Donald Bebek, karena bentuknya menyerupai tokoh kartun Disney tersebut.

MP6 Prototipe 1945 ini juga jadi Vespa langka yang paling banyak dicari

Vespa langka yang paling banyak dicari

MP6 sendiri, juga jadi cikal bakal skuter buatan Piaggio diberikan nama Vespa.

Ketika pertama kali membangun MP5, Enrico Piaggio tidak menyukai bentuknya. Saat melihat MP5 pertama kali, segala yang dia minta terpenuhi, kecuali satu hal yakni modis. Desainnya kurang menarik. Terutama bagian dek yang tinggi.

Baca Juga :  Vespa 75th Anniversary, Tersedia Cuma di Tahun 2021 Saja

Enrico Piaggio kemudian menghubungi insinyur aeronautika Corradino D’Ascanio untuk mendesain ulang MP5 Paperino. Namun yang dilakukan D’Ascanio justru sebaliknya, dia mendesain dari awal alih-alih cuma garap ulang.

Hasilnya pun menggembirakan. D’Ascanio memperkenalkan prototipe MP6 pada 1945. Bentuknya lebih luwes, bagian depannya simpel, bagian deknya sudah rata tapi masih punya tameng yang menutupi kaki, sedangkan bagian belakang membulat yang menjadi ciri khas Vespa sampai sekarang.

Setelah melihat MP6 untuk pertama kalinya, Enrico Piaggio berseru “Sembra una vespa!” atau “Kelihatannya seperti tawon!” dalam bahasa Italia. Mulai dari situ Piaggio kemudian memberi nama skuter barunya Vespa.

Vespa 98 – 1946

Vespa 98 diproduksi pada tahun 1946. Pada 23 April 1946 Vespa memperkenalkan kendaraan Skuter baru mereka.

Jargon saat ditampilkan ke khalayak adalah sebuah moda transportasi baru, fungsional, dan inovatif.

Dimana untuk saat itu termasuk kendaraan roda dua yang menakjubkan. Sepeda motor jenis skuter ini diperkenalkan kepada masyarakat umum untuk pertama kalinya di Klub Golf di Roma.

Vespa 98 Corsa – 1947

Vespa 98 Corsa dibangun khusus untuk menunjukkan kepada dunia, bahwa dengan kapasitas motor Vespa yang kecil bisa bersaing dalam balapan.

Banyaknya populasi Vespa yang kian bertambah banyak di jalanan dan alun-alun kota Italia, memotivasi Enrico Piaggio untuk memproduksi kendaraan yang agresif (skuter balap), yang mampu menjadi pemenang di trek.

Bisa dikatakan, varian ini jadi model Vespa balap pertama saat itu.

Vespa 125 Circuito – 1949

Sejarah Vespa 125 Circuito diawali dengan kondisi menjelang akhir 1940’an, dimana produsen sepeda motor tengah mempertimbangkan cara terbaik dalam berpromosi.

Dimana, promosi terbaik kala itu adalah dengan berpartisipasi dalam berbagai balapan motor yang biasanya dilakukan di jalan-jalan kota.

Baca Juga :  7 Alasan Bikers Harus Mampir ke Dealer Premium Motoplex GAIA Moto

Dalam periode ini, sebagian besar produsen sepeda motor sangat bersaing (yang berlangsung terutama di sirkuit jalan) dalam mengenalkan masyarakat umum tentang dunia bersepeda motor dan tujuan utamanya adalah mencari pelanggan atau pasar potensial.

Piaggio tidak mau ketinggalan dan memiliki serangkaian skuter balap, sebagai juara 1949, berlomba di kelas balap mereka, dan membuat banyak orang tertarik dan meninggalkan merek-merek yang lain.

Vespa 125 Circuito merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yakni, Vespa 98 Corsa.

Vespa Monthlery – 1950

Jenis skuter Vespa satu ini, memang tak banyak dijual secara bebas. Vespa jenis ini hadir guna memecahkan rekor sebagai skuter tercepat pada masa itu.

Vespa ini terlahir dari persaingan dengan rivalnya Lambretta, soal adu kecepatan.

Pada tanggal 7 April 1950 di Sirkuit Montlhery, Prancis, keduanya pun adu balap. Vespa berhasil mencetak rekor dunia, dengan tiga pembalap yang bergantian dalam balap ketahanan 10 jam.

Selama 10 jam itu, Vespa Monthlery mampu menempuh jarak sepanjang 1.049 kilometer dengan motor yang mirip Vespa 125 keluaran 1949. Jika melihat bentuknya, Vespa ini mirip peluru dengan fairing yang dipakainya.

Vespa 150 Sidecar – 1955

Vespa Sidecar diciptakan di antara akhir tahun 1948 dan awal tahun 1949.

Vespa dengan sidecar tersebut diciptakan guna memberikan kenyamanan dan kestabilan untuk perjalanan jarak jauh.

Sidecar terbuat dari lempengan baja, dirakit dengan tangan, dan dilekatkan pada Vespa menggunakan tabung tunggal. Vespa Sidecar mendapat pujian atas kinerjanya yang sangat baik, bahkan dalam keadaan bersalju dan lereng curam.

Model side-car ini memang mengutamakan kenyamanan, ditambah dengan kapasitas bagasi kecil di bagian belakang guna memberikan kenyamaan extra dalam menempuh perjalanan jarak jauh.

Baca Juga :  Vespa Primavera 150 Picnic Edition Diluncurkan

Leave a Reply