Brough Superior Lawrence, Hadir Terinspirasi Dari Sang Pencetus Helm

0

Produsen motor asal Inggris, Brough Superior, umumkan peluncuran motor terbarunya Brough Superior Lawrence.

Brough Superior Lawrence hadir sebagai bentuk penghormatan pada T.E Lawrence atau lebih dikenal dengan Lawrence of Arabia.

Penghormatan diberikan kepada Lawrence atas peran sertanya dalam mempopulerkan sepeda motor asal Inggris tersebut.

Brough Superior Lawrence

Sejarah juga mencantumkan nama T.E Lawrence sebagai orang yang pertama kali menghadirkan helm bagi pengendara sepeda motor.

Kala itu, dengan sepeda motor Brough Superior SS100 nya, Lawrence mengalami kecelakaan yang hampir fatal. Dimana saat dia menikung dalam sebuah perjalanan dia terkejut dengan adanya anak-anak yang sedang bermain. Hasilnya Lawrence terjatuh dan mengalami cedera pada bagian kepala.

Saat itulah, dibutuhkan sebuah alat yang secara fungsi digunakan sebagai alat pelindung kepala saat berkendara dengan sepeda motor.

Beralih ke sepeda motor edisi khusus yang baru saja diluncurkan oleh Brough Superior, motor edisi khusus ini dihadirkan dengan desain proporsi yang epik, bentuk siluet yang lebih halus dan lebih ramping, bahan ultra-ringan, dan detail yang dipesan lebih dahulu untuk model 2021 yang baru.

Motor ini mengusung mesin berkapasitas 997cc, 88 ° V-twin yang dilengkapi kepala empat katup. Mesin itu dapat menghasilkan tenaga mencapai 102 bhp yang praktis, dengan torsi 64lb-ft yang ditawarkan pada 7.300rpm.

Rangka motor ini sepenuhhnya terbuat dari titanium. Suspensi depan menggunakan model Fior dan suspense belakang model monoshock yang sangat nyaman.

Pada bagian belakang kita bisa melihat lagi swingarm mesin aluminium yang sangat memukau, dengan monoshock yang dapat disetel dan rebound yang menjaga mesin tetap terkendali.

Secara keseluruhan motor ini bisa dikatakan sebagai titisan dari Brough Superior SS100 yang pernah digunakan oleh T.E Lawrence pada era tahun 1935. Meski memiliki tampilan klasik, motor yang hadir saat ini tetap menggusung sisi gaya dan teknologi masa kini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.