Ngeri! Motor Honda ATC70 ini, Sebabkan Ratusan Orang Meninggal Dunia

0

Sobat Bikers pasti setuju, jika melihat motor Honda ATC70 ini merupakan motor yang unik dan lucu.

Namun siapa sangka, motor roda tiga ini merupakan motor penyebab ribuan kasus kematian di Amerika Serikat.

Honda ATC70 ini, dibekali dengan tiga roda berdimensi super lebar dengan model kembang ban untuk medan off-road. Tampilannya pun terbilang unik dan lucu.

Honda ATC70
Honda ATC70, unik dan lucu namun mematikan (foto : Silodrome)

Horor, dibalik penampilannya yang unik dan lucu, fakta mengatakan ATC70 telah menyebabkan ribuan orang tewas ketika menungganginya.

Mengutip dari Silodrome, Honda ATC70 pertama kali diluncurkan untuk pasar Amerika Serikat pada 1973 silam, target market motor ini sebetulnya untuk kalangan anak-anak.

Seiring perkembangan waktu, mtor ini rupanya digemari juga dikalangan orang dewasa. Sehingga banyak orang dewasa yang juga menggunakannya.

Kala itu, banyak juga yang menggunakan motor roda tiga ini untuk ajang balapan offroad motor mini. Pada kisaran tahun 1970 sampai dengan 1980, ATC70 jadi primadona di ajang balap motor kelas roda tiga.

Pada selama periode balap itu, dicatatkan 7 ribuan orang mengalami luka-luka dan ratusa orang meregang nyawa saat menggunakan ATC70 di medan balap.

Diduga, ATC70 banyak memakan korban karena konfigurasi tiga rodanya sangat berbahaya saat motor sedang dipacu dalam kecepatan tinggi.

Pada saat berbelok, roda depan masih bisa mengikuti arah setang. Namun dua roda bagian belakang, tidak langsung ikut berbelok.

Hal ini menyebabkan pengendaranya terpelanting, akibat adanya hentakan di kecepatan tinggi.

Kebanyakan, yang mengalami kecelakan dalam ajang balap ini merupakan pemula.

Harus memiliki kecakapan khusus, dalam mengendalikan motor seperti ini.

Akibat dari banyaknya korban jiwa yang berjatuhan, pada tahun 1980-an balapan motor offroad roda tiga ini pun dinyatakan dilarang.

Baca Juga :  Honda Goldwing Terbaru Bakal Dibekali Rear-Facing Sensor Radar System

Penggemar balap motor offroad ini pun menggantinya, dengan motor-motor yang memiliki roda empat. sebab, dinyatakan lebih aman.

Honda ATC70
Honda ATC70, unik dan lucu namun mematikan (foto : Silodrome)

Kejadian-kejadian itulah yang menyebabkan ATC70 kehilangan marketnya, sehingga Honda pun menyatakan motor model ini berhenti untuk diproduksi.

Ngeri juga ya? Cantik namun mematikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.