Non Jisel Kenalkan Dendeng Kulit Singkong Ke Bikers

0

Eleonora Ajisela Agrippina atau akrab disapa Non Jisel bawa oleh-oleh untuk tim jurnalbikers.com. Dendeng kulit singkong, sebuah penganan unik yang lezat.

Kepada masyarakat umum, Non Jisel juga memperkenalkan dendeng kulit singkong ini sebagai makanan yang punya citarasa unik dan khas.

Dendeng Kulit Singkong

Makanan ini terbuat dari kulit singkong yang diolah dengan sedemikian rupa. Rasanya pun tak kalah dari dendeng daging yang mungkin biasa kita makan atau kita jumpai di rumah makan.

Non Jisel sendiri, menemukan makanan unik ini kala tengah menjalankan perjalanan dengan tajuk “Save Indonesian Women” yang dijalaninya beberapa waktu lalu.

Disampaikan oleh Non Jisel, dendeng unik ini merupakan makanan khas yang dibuat oleh warga Desa Cirendeu, Cimahi, Jawa Barat.

“Ini benar-benar dari kulit singkong loh, rasanya juga mirip dan enggak kalah sama dendeng daging yang biasa kita makan juga,” ucap Lady Bikers yang pernah dinobatkan sebagai Legendary Bikers 2017 itu.

Desa Cireundeu, Cimahi terkenal dengan masyarakatnya yang mengonsumsi nasi singkong setiap hari. Bisa dikatakan, singkong jadi makanan pokok warga desa Cirendeu.

Namun, selain dijadikan nasi, masyarakat mengolah singkong menjadi aneka makanan lainnya. Salah satunya dendeng olahan dari bagian terluar singkong ini.

Kulit singkong yang biasanya dibuang, justru diolah kembali oleh warga desa Cirendeu menjadi camilan dendeng.

Cara pengolahannya, kulit singkong yang sudah dikupas lalu dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Kemudian, kulit singkong direndam selama dua hari. Kemudian kulit singkong itu dimasak dengan bumbu dan ikan patin hingga mengental seperti adonan dodol.

Adonan dendeng tadi lalu dicetak dan dikeringkan dengan oven. Setelah kering, dendeng lalu digoreng.

Kelompok pengrajin dendeng singkong itu memasarkan dendeng kulit singkong dan olahan singkong lainnya baru di sekitar desa itu, karena produksinya masih terbatas.

Baca Juga :  Jurnal Jisel, Ngegas Ke Bali untuk Selamatkan Perempuan Indonesia

Melalui kesempatan ini, Non Jisel berniat untuk mempopulerkan makanan unik khas desa Cirendeu ini ke masyarakat umum, khususnya dikalangan Bikers.

“Harus coba, ini enak banget dan unik. Jarang ada makanan yang enak, unik dan murah meriah kaya ini,” pungkas Non Jisel.

Leave A Reply

Your email address will not be published.