Perbedaan Antara ETLE Mobile dengan ETLE Biasa

0

Belakangan ini ramai dibicarakan ETLE Mobile. Apa yang jadi perbedaan antara ETLE Mobile dengan ETLE biasa?

Perbedaan antara ETLE Mobile dengan ETLE biasa sejatinya hanya ada pada posisi penempatanya saja. Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mulai bulan Maret ini akan mulai diterapkan oleh jajaran Korps Keplisian Lalu Lintas.

Untuk penerapannya, Korlantas yang ada di hampir seluruh daerah telah mempersiapkan segala kebutuhannya salahsatunya dengan pengadaan kamera yang menjadi alat utama dalam penentuan Tindakan bagi para pelanggar lalu lintas jalan.

Secara fungsi, ETLE mobile sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti ETLE biasa, yaitu untuk merekam berbagai pelanggaran yang mungkin saja dilakukan para pengendara kendaraan bermotor.

Perbedaan ETLE mobile dengan ETLE biasa hanya terletak pada posisi penempatannya

Perbedaan antara ETLE Mobile dengan ETLE Biasa

Bila pada ETLE biasa hanya ditempatkan di titik strategis tertentu, seperti lampu lalu lintas atau persimpangan, maka pada ETLE mobile ini akan ditempatkan di seragam atau kendaraan petugas Kepolisian.

Hal tersebut membuat pergerakannya akan terus berubah-ubah dari satu tempat ke tempat lainnya, mengikuti patroli yang dilakukan petugas tersebut.

“Apa itu ETLE mobile? Penindakan menggunakan kamera ETLE secara mobile yang di mana kamera itu bisa berpindah di antaranya di helm atau helm cam, dash cam atau dashboard mobil patroli, dan juga body cam,” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Dengan pergerakannya yang bisa berpindah-pindah, lanjut Sambodo, diharapkan penindakan ETLE mobile ini dapat menjangkau wilayah-wilayah yang belum dilengkapi dengan ETLE biasa.

ETLE mobile yang diprakarsai oleh Ditlantas Polda Metro Jaya baru saja resmi diluncurkan kemarin Sabtu 20 Maret 2021. Peresmian dilakukan langsung oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran sebagai tindak lanjut sekaligus inovasi dari komitmen Kapolri Baru Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang ingin memfokuskan penindakan pelanggaran lalu lintas secara IT serta perwujudan menuju Polri PRESISI.

Baca Juga :  Scorpion EXO-520 Air Diperkenalkan Sebagai Model Terbaru Tahun 2021

Total ada 30 kamera tilang elektronik mobile yang diberlakukan oleh Polda Metro Jaya

ETLE Mobile

”Saya berharap hadirnya ETLE Mobile ini juga untuk meminimalisasi adanya oknum-oknum yang melakukan pemerasan pada proses penindakan pelanggaran lalu lintas.” Pesan Kapolda Metro saat peresmian kemarin.

Bagi Anda para pengendara kendaraan bermotor, selalu disiplin dalam berkendara dan patuhi segala aturan serta rambu lalu lintas yang ada.

Leave a Reply