Sejarah Honda Scoopy di Indonesia, 1 Dekade 5 Generasi

0

Selain Honda BeAT, pada segmen skuter matik, Honda juga punya gacoan lainnya yakni, Honda Scoopy. Perjalanan sejarah Honda Scoopy di Indonesia menarik untuk disimak.

Sejarah Honda Scoopy di Indonesia dimulai pada tahun 2010 yang lalu. Saat itu, Honda Scoopy datang sebagai salah satu motor skuter matik yang cukup digemari oleh pecinta motor Honda di Indonesia.

Scoopy merupakan skuter matik dengan tampilan retro. Skuter matik andalan Honda ini punya desain yang cukup unik, bodinya berbentuk membulat, dengan gaya retro yang khas namun tidak menanggalkan kesan sporty.

Skuter matik bergaya retro ini saat pertama kali hadir cukup digemari oleh kalangan muda Tanah Air.

Dalam 1 dekade lebih kehadirannya di Tanah Air, Scoopy rupanya punya 5 generasi

1. Generasi Pertama Honda Scoopy Dimulai Pada Tahun 2010

Sejarah Honda Scoopy
Honda Scoopy Generasi Pertama Tahun 2010

Pada tahun 2010, PT Astra Honda Motor memperkenalkan produk skuter matik bergaya retro terbaru. Skutik retro tersebut dinamai Honda Scoopy.

Pertama kali hadir Scoopy dibekali dengan mesin berkapasitas 108 cc dengan sistem pengabutan bahan bakar karburator.

Mesin yang diusungnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 6,09 kW pada putaran 800 rpm dan torsi maksimum yang dihasilkan 8,32 Nm pada putaran 5500 rpm.

Pada bagian kaki-kaki, motor skuter matik bergaya retro ini dibekali dengan roda berukuran diameter 14 inci.

Scoopy generasi pertama tahun 2010 ini dibanderol dengan harga Rp 13.500.000 On the Road (OTR) Jakarta.

2. Honda Scoopy Generasi Kedua

Sejarah Honda Scoopy
Honda Scoopy Generasi Kedua Tahun 2013

PT Astra Honda Motor pada tahun 2013 melakukan penyegaran pada Honda Scoopy. Pembaruan ini menandakan kehadiran Scoopy generasi kedua.

Pembaruan yang diberikan pada Honda Scoopy generasi kedua ini mencakup pada sektor penerangan. Kalau itu Honda Scoopy hadir dengan model lampu yang membulat dengan dibekali projector guna memaksimalkan pencahayaan.

Baca Juga :  Yamaha Zuma 125, Skutik Adventure Harga Rp 53 Jutaan

Kompartemen di bagian bawah jok juga diperluas sehingga sanggup menampung barang bawaan dengan kapasitas 15,4 liter. Di klaim, bagasi bawah jok itu mampu menampung 1 buah helm half face.

Honda Scoopy generasi kedua ini sudah menerapkan sistem pengabutan bahan bakar injeksi meski kapasitas mesin masih sama dengan generasi sebelumnya.

Meski kapasitas mesin sama tenaga mesin ada sedikit perubahan. Tenaga mesin berubah menjadi 6,27 kW pada 8000 rpm dan torsi 8.68 Nm pada 6500 rpm.

Generasi kedua Honda Scoopy ini dibanderol dengan harga 13,9 juta On the Road (OTR) Jakarta.

3. Honda Scoopy Generasi Ketiga

Sejarah Honda Scoopy
Honda Scoopy Generasi Ketiga Tahun 2015

Berselang pada dua tahun kehadiran Honda Scoopy generasi kedua, Astra Honda Motor kembali menyegarkan Honda Scoopy dengan generasi terbaru pada tahun 2015.

Pada generasi ketiga ini, Honda Scoopy telah dibekali dengan mesin berteknologi eSP. Tak hanya itu, AHM juga menghadirkan fitur Idling Stop System (ISS) yang memungkinkan mesin motor mati disaat gas motor tidak dipuntir. Fitur ini membuat Honda Scoopy semakin irit konsumsi bahan bakar.

Tidak hanya itu, pada generasi ketiga Scoopy ini juga hadir fitur ACG Starter. Fitur ini membuat starter mesin menjadi lebih senyap dan answer back system yang mempermudah pencarian motor saat berada di parkiran.

Meski hahdir dengan banyak perubahan dari sisi fitur, Scoopy generasi ketiga masih mengusung mesin dengan kapasitas yang sama dengan versi sebelumnya.

Honda Scoopy generasi ketiga itu dibanderol dengan harga Rp 16,25 juta On the Road (OTR) Jakarta.

4. Generasi Keempat Honda Scoopy

Sejarah Honda Scoopy
Honda Scoopy Generasi Keempat Tahun 2017

Tahun 2017, Honda Scoopy kembali diperbarui. Ini merupakan Honda Scoopy generasi keempat yang dihadirkan Honda Indonesia di Tanah Air.

Baca Juga :  Skuter Matik Royal Alloy Tebar Pesona di IIMS Hybrid 2021

Pada generasi keempat ini Honda Scoopy hadir dengan roda berdiameter 12 inci. Pada desain lampu kembali dibenahi, dengan model lampu yang menyatu dengan lampu sein.

Pada generasi ini pula Honda Scoopy telah dibekali dengan sistem pengereman Combi Brake System (CBS). Selain itu Honda juga menghadirkan port pengisian daya smartphone.

Sayangnya AHM tetap mempertahankan kubikasi mesin yang sama dengan versi sebelumnya yakni, mesin 110 cc.

Honda Scoopy generasi keempat dijual dengan harga Rp 17,8 juta OTR Jakarta.

5. Generasi Kelima Honda Scoopy, Semakin Modern

Sejarah Honda Scoopy
Honda Scoopy Generasi Kelima Tahun 2020

Tepat pada 10 tahun kehadirannya, Honda Scoopy kembali mengalami pembaruan dari berbagai sektor. Pembaruan yang hadir termasuk pada sisi desain maupun fitur.

Ubahan hadir pada sektor rangka, skuter matik ini telah menggunakan model sasis eSAF sama seperti yang digunakan pada Honda Genio dan juga Honda BeAT terbaru.

Struktur mesin juga telah mendapatkan ubahan meski masih mempertahankan kapasitas mesin yang sama dengan versi sebelumnya.

Menariknya, Honda Scoopy generasi terbaru ini sudah dibekali dengan penguncian keyless. Ini menandakan Scoopy bukan hanya skuter matik retro saja namun juga modern.

Saat diuncurkan Honda Scoopy generasi terbaru memiliki 4 varian yakni, Fashion, Sporty, Stylish dan Prestige. Menyoal harga jualnya, varian Fashion dan Sporty dijual dengan harga Rp 19,95 juta sedangkan untuk varian Stylish dan Prestige dibanderol dengan harga Rp 20,75 juta OTR Jakarta.

Nah itu tadi sejarah Honda Scoopy di Indonesia. Scoopy Sobat Bikers masuk pada generasi ke berapa? Untuk informasi lebih lanjut tentang dunia otomotif roda dua lainnya terus kunjungi www.jurnalbikers.com.

Leave A Reply

Your email address will not be published.