7 Motor Gede Polisi Paling Keren di Indonesia

0

Sobat bikers pastinya sering melihat anggota polisi yang menggunakan motor gede, alias moge. Kali ini jurnalbikers.com bakal bahas motor gede Polisi yang ada di Indonesia.

Bicara tentang Polisi, kita pasti sering melihat anggota Polisi yang menggunakan moge. Motor gede Polisi ini, biasanya bisa kita jumpai kala petugas Kepolisian tersebut tengah mengatur arus lalu lintas ataupun sedang melakukan pengawalan.

Tapi, tahukah Sobat Bikers motor besar apa saja yang digunakan oleh Kepolisian Republik Indonesia? Yuk, simak ulasannya berikut.

Yamaha XJ900P, motor gede polisi paling spesial

Motor Gede Polisi

Motor lansiran dari Yamaha ini, mengusung mesin DOHC tipe 4 silinder segaris berkubikasi 892 cc dengan sistem suplai bahan bakar menggunakan karburator.

Adapun sistem pendinginnya belum memakai radiator, tapi berpendingin udara.

Dengan kubikasi sebesar itu, motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 89 dk pada 8.250rpm dan torsi maksimal sebesar 83 Nm pada 7.000rpm.

Mesin besar tersebut juga membuat motor ini mampu berlari hingga kecepatan 202 km/jam.

Kapasitas tangki bahan bakarnya sendiri cukup besar, yaitu 24 liter dengan rasio kompresi 10.0:1

moge buatan Yamaha dengan nama model XJ900P Diversion.

Huruf P pada XJ900P ini merupakan singkatan dari Police, yang artinya motor ini memang dikhususkan untuk kepolisian.

Yamaha XJ900P diproduksi pertama kali tahun 1999 hingga 2005 dengan kategori kelas touring.

Tidak ada keterangan jelas mengenai harga motor ini. Maklum saja, motor ini memang sengaja dibuat untuk Kepolisian jadi tidak dijual dengan bebas.

Meski demikian, ada kabar yang mengatakan harga jual motor ini dibanderol dengan harga mencapai Rp 300 jutaan.

Yamaha FJR 1300

Motor Gede Polisi

Masih sama berasal dari Yamaha, motor besar Polisi Indonesia selanjutnya bernama Yamaha FJR 1300.

Baca Juga :  Honda Goldwing Terbaru Bakal Dibekali Rear-Facing Sensor Radar System

Yamaha FJR1300 adalah motor sport touring full-fairing yang berfokus pada perjalanan jarak jauh dan memiliki kecepatan tinggi.

Motor ini dibekali mesin berkapasitas 1.298 cc, 4-tak, DOHC, berpendingin cairan. Mesin disandingkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan dengan Kopling A&S (Assist & Slipper Clutch).

Motor ini juga sudah dibekali Cruise Control. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan, yakni 146,2 daya kuda pada 8.000 rpm, dan torsi maksimum 138 newton pada 7.000 rpm.

Harga motor ini pada tahun 2012 lalu dijual dengan harga Rp 450 jutaan. Diperkirakan pada tahun ini bisa mencapai Rp 500 jutaan lebih Sob!

Harley-Davidson Electra Glide Ultra Classic

Motor Gede Polisi

Melihat Polisi menggunakan motor asal Amerika ini pastinya terlihat sangat gagah. Motor ini terlihat kekar dan berotot, dengan suaranya yang menggelegar.

Kepolisian di hampir seluruh dunia, pastinya pernah menggunakan motor yang dikenal dengan HD Police ini sebagai motor dinasnya.

Di Indonesia, Motor ini hanya digunakan oleh Brigade Motor Satuan Patroli dan Pengawalan Ditlantas Polda Metro Jaya. Tugasnya adalah melakukan pengawalan terhadap pejabat negara dan juga tamu negara selama di perjalanan, mulai dari lokasi awal ke lokasi tujuan.

Motor ini mengusung mesin Moge ini menggendong mesin berkapasitas 1.690 cc. Moge polisi ini juga sudah dilengkapi dengan backrest, MP3 port hingga radio.

Harga motor ini diperkirakan sekitar Rp 890 jutaan Sob!

Honda Goldwing

Motor gede polisi berikutnya adalah Honda Goldwing. Motor Honda Goldwing yang pernah digunakan Kepolisian Republik Indonesia adalah, Honda Goldwing generasi kelima.

Nama Honda Goldwing juga sudah melegenda bagi para pecinta otomotif, khususnya roda dua.

Moge ini menawarkan posisi duduk yang sangat nyaman dan juga fitur yang cukup lengkap. Fiturnya bahkan disebut-sebut menyaingi mobil.

Baca Juga :  Sah! Bambang Soesatyo Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua Umum IMI

Goldwing dijual dengan harga di atas Rp 1 miliar (off the road).

BMW K 1600 B

q

Motor Polisi selanjutnya adalah BMW K 1600 B. Huruf B pada K 1600 B yang merupakan motor asal jerman ini, maksudnya adalah Bagger. Moge ini dibekali mesin enam silinder berkapasitas 1.649 cc.

Tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 160 tk dengan torsi 175 Nm. Polisi Republik Indonesia juga sudah menggunakan moge yang dibanderol tak kurang dari Rp 1,25 miliar ini sejak tahun 2018.

BMW R 1200 RT

Masih dari keluarga BMW. Motor adal Jerman ini, menggunakan mesin yang sama dengan R 1200 GS, tapi tampilan R 1200 RT sedikit berbeda. Moge yang satu ini menggunakan half fairing.

Dengan tangki bahan bakar yang mampu menampung hingga 30 liter, motor ini bisa dipacu hingga kecepatan maksimum lebih dari 210 kilometer per jam.

BMW membanderol moge ini dengan harga Rp 850 jutaan (off the road).

BMW R 1200 GS

Pada sekitar tahun 2018 lalu, BMW Motorrad Indonesia menghadirkan puluhan unit R 1200 GS untuk Kepolisian Republik Indonesia.

Semua motor ini sudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan para petugas di lapangan. R 1200 GS dibekali dengan mesin 2 silinder boxer.

Kapasitas mesinnya 1.170 cc dan mampu menghasilkan tenaga hingga 125 tk dan torsi 125 Nm. Moge ini dijual dengan harga sekitar Rp 810 jutaan (off the road).

Leave A Reply

Your email address will not be published.