Jangan Kebanyakan, Ini Efek Samping Kopi yang Perlu Diketahui

0

Guna mengusir rasa kantuk atau meningkatkan konsentrasi, minum kopi bisa jadi solusinya. Meski demikian, ada efek samping kopi yang perlu Sobat Bikers ketahui.

Efek samping kopi dapat muncul jika, kopi dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, yaitu lebih dari 4 cangkir kopi per hari.

Mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang sesuai yaitu tidak lebih dari 2–3 cangkir per hari, kopi umumnya aman bagi orang dewasa dan tidak merugikan kesehatan.

Baca juga : Manfaat Touring dan Berlibur, Bisa Kuatkan Imun Tubuh Loh!

Melansir dari alodokter, terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi kafein, lama-kelamaan dapat menimbulkan efek samping yang disebut caffeinism. Secara umum, efek samping yang sering kali terjadi meliputi:

1. Insomnia
Kafein dapat membuat Sobat Bikers tetap terjaga, mengatasi ngantuk, dan meningkatkan konsentrasi. Namun, asupan kafein yang berlebihan dapat mengurangi waktu tidur dan membuat tubuh tidak dapat tidur dengan nyenyak. Hal ini bisa membuat Sobat Bikers mengalami gangguan tidur, seperti insomnia.

2. Sering buang air kecil
Peningkatan frekuensi buang air kecil adalah efek samping yang umum terjadi. Kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik sehingga dapat merangsang pembuangan urine dan membuat Sobat Bikers lebih sering buang air kecil. Hal inilah yang membuat Sobat Bikers akan lebih sering ke toilet setelah mengonsumsi kopi.

3. Gelisah
Kafein memang dapat meningkatkan kewaspadaan karena memiliki efek stimulan. Meski demikian, efek samping kopi juga bisa membuat Sobat Bikers menjadi gelisah dan cemas. Efek ini bahkan bisa menimbulkan serangan panik dan kambuhnya gejala gangguan cemas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.