Komponen CVT Motor Matic Jangan Sampai Kurang Perhatian Sob!

0

Bagi pemilik sepeda motor jenis skuter matic, bagian komponen CVT wajib jadi perhatian penting dalam hal perawatan.

Sepeda motor jenis skuter matic, jadi pilihan motor yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Harganya yang murah dan perawatan yang mudah jadi alasan, varian motor ini jadi motor yang paling banyak digunakan.

Meski demikian, banyak juga penggunanya yang sedikit lalai dalam hal perawatan. Utamanya pada bagian Continously Variable Transmision (CVT).

Sesuai dengan namanya, CVT berfungsi untuk menyalurkan tenaga mesin motor ke roda bagian belakang. Dalam hal ini, CVT menggunakan sabuk karet atau V-Belt untuk menghubungkan antara pulley primer ke pulley sekunder.

Baca juga : BPKB Asli atau Palsu Gini Cara. Bedakannya

Setidaknya, ada beberapa komponen CVT yang Sobat JB harus perhatikan dalam perawatannya. Diantaranya adalah :

V-Belt
Komponen satu ini, wajib mendapatkan perawatan secara berkala. Melihat dari buku pedoman pemilik motor, V-Belt wajib diperiksa setiap 8.000 kilometer. Pada umumnya, usia pakai V-Belt pada skuter matik bisa mencapai 24.000 kilometer.

Gangguan yang biasanya terjadi pada bagian V-Belt adalah, retak dan aus atau melar. Jika hal ini terjadi maka skuter matic bakal menurun akselerasinya dan timbul suara yang mengganggu.

Apabila ini terus dibiarkan, V-Belt bisa putus ketika motor sedang digunakan.

Roller
Roller yang sudah bermasalah, biasanya akan terdeteksi dengan suara berisik pada bagian CVT. Roller rusak, bisa disebabkan oleh V-Belt yang bermasalah atau karena memang usia pakai roller itu sendiri.

Dalam hal penggantian roller, Sobat harus membeli satu set roller meski yang rusak hanya satu roller saja. Dalam penggantian pastikan roller yang dibeli sesuai dengan ukuran dan spesifikasi motor matic Sobat JB.

Baca Juga :  Awas! Curang Ketika Kredit Motor Bisa Dipenjara

Kampas kopling
Ketika kampas kopling sudah bermasalah, maka motor metik bakalan tenaganya. Perhatikan ketebalan dari kampas kopling, jika sudah tipis segera ganti dengan yang baru.

Kampas kopling bermasalah, biasanya bisa dideteksi dari motor yang tidak bertenaga. Suara motor terdengar kencang, namun laju motor tetap pelan.

Nah barusan tadi merupakan bagian-bagian CVT motor matic yang Sobat JB wajib perhatikan dan rawat. Dengan selalu merawat motor kesayangan, hati pun tenang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.