KTM 1290 Super Adventure R 2021 Diluncurkan

1

KTM, resmi merilis KTM 1290 Super Adventure R 2021. Motor adventure ini merupakan versi off-road dari KTM 1290 Super Adventure S 2021.

KTM 1290 Super Adventure R 2021 hadir dengan sejumlah pembaruan dan peningkatan, khususnya pada sektor performa dan suspensinya.

KTM 1290 Super Adventure R 2021

Mesin 1290 Super Adventure R terbaru ini menggunakan model LC8 terbaru yang sudah mengantongi standarisasi Euro 5.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut mencapai 160 dk pada putaran mesin 9.000 Rpm dan torsi puncaknya 138 Nm pada putaran mesin 6.500 Rpm.

KTM telah melakukan modifikasi pada komponen internal mesin V-twin, modifikasi komponen pada mesin ini dilakukan demi meningkatkan pembuangan panas yang dihasilkan mesin.

Sementara, bobot motor ini pun dilakukan pengurangan dengan harapan agar lebih ringan dan bertenaga saat dipacu di jalanan tanah.

Tidak hanya itu, pada bagian gearbox motor ini juga diubah menggunakan model PANKL terbaru. Ubahan pada bagian gearbox ini bertujuan agar perpindahan gigi pada motor ini lebih ringan, cepat, dan juga lebih responsif.

Uniknya, adventure bike ini juga memiliki dua radiator terpisah yang berguna untuk pendinginan mesin yang maksimal.

Selain bagian mesin yang ditingkatkan, suspensi pada pada 1290 Super Adventure R terbaru ini juga turut ditingkatkan.

Pada sisi performa, sudah pasti adventure bike ini mengalami peningkatan, karena motor ini memang diperuntukkan guna melibas trek off-road atau medan jalan berat.

Suspensi depan motor ini menggunakan model updise-down berukuran 48 mm dan sudah dilengkapi dengan teknologi WP XPLOR.

Sementara shockbreaker belakang menggunakan model monoshock dengan tabung hidrogen yang dapat dilepas dan diatur secara manual.

Pada bagian velg, KTM menggunakan bahan alumunium ALPINA berukuran 19 inci untuk roda bagian depan dan 17 inci untuk roda bagian belakang.

Baca Juga :  Triumph Street Twin Gold Line, Edisi Terbatas Cuma 1.000 Unit

Rangka dan subframe motor ini juga mengalami desain ulang, demi memberikan pengalaman off road yang lebih nyaman dan aman.

Untuk kenyamananan saat dikendarai, posisi kemudi (stang) dan juga posisi kaki bisa distel dan disesuaikan. Dengan ini, pengendara lebih nyaman dalam mengendarai motor ini di medan jalan off road.

Tidak ketinggalan, sejumlah fitur canggih turut disematkan oleh KTM pada adventure bike ini.

Fitur canggih yang dihadirkan ini adalah sensor IMU 6 axis, kontrol stabilitas, pengaturan selip motor, kontrol traksi, Sistem ABS Off-road, dan riding mode.

Pada bagian panel instrumen motor ini sudah full digital dengan penggunaan layar TFT berukuran 7 inci. Panel instrumen itu memuat banyak informasi terkait motor kala dikendarai.

KTM 1290 Super Adventure R 2021 dipasarkan mulai tersedia pada Maret 2021 mendatang. Motor ini dijual dengan banderol seharga 19.850 Euro atau sekitar Rp 340 jutaan jika dikonversikan ke mata uang Indonesia.

1 Comment
  1. […] Motor ini memiliki bobot dengan berat kosong 187 Kg, dimana motor ini lebih ringan 9 Kg dibandingkan dengan KTM 1290 Super Duke R. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.